Selasa, 10 Januari 2017

5 Tahap Menjadi Korean Addicted

Buat orang-orang seperti gue yang sebelumnya ga begitu tahu tentang per-korean sampe akhirnya jadi addicted ga ada hari tanpa nonton drama korea, dengerin lagu korea, follow account SNS artis korea, jejeritan ga jelas klo liat liat idolanya acting di layar komputer.
Jadi buat yang bilang kalo Cuma nonton drama dan ga tahu pemainya, kalian akan melalui tahap-tahap ini, karena gue juga tak tahu artis korea, kecuali Rain, Hyun Bin, Kim Bum, Lee Min Ho.

1. Nonton Drama yang lagi tayang, setiap episode tanpa ketinggalan.
Sekitar tahun 2009 gue sempet les bahasa korea walaupun hanya 3 bulan untuk mengenal huruf hangul, lumayaan lah. Saat itu buat mempelajari lebih dalam tentang bahasa korea beli DVD di mangga dua.. banyaaaakk banget...
Tahun 2014, gue mulai menulis sinopsis dengan blog yang sempet dihapus oleh google, hikss.. gue saat itu ga tahu nama artis korea selain 4 orang yang gue sebut itu, yang penting cerita bagus dan seru gue tonton dan tulis.
Sampe akhirnya muncul Asianwiki, bisa mengenal namanya artis korea, mulai dari Zo Ji Sung, Lee Seung Gi,  Lee Dong Wook,  Gong Yoo,  In Sub,  Do Joon, Ji Sung, Park Seo Joon, Lee Jong Suk, Park Hae Jin, Soo Joon, Park Bo Gum, Joo Won, Nam Gung Min, Seo Kang Joon, dsb.
Klo gue inget diawal menulis sinopsis, gue kaya ibu-ibu yang bilang mirip klo semua wajah artis korea sama, ga bisa bedain wajah Min Ho sama Dong Wook Atau Ji Sung dengan Seo Joon...hihii...

2. Download OST Drama yang kita tonton
Dalam setiap drama pasti punya OST yang bikin keinget sama drama itu. Gue inget pertama kali download OST apa, OSTnya Park Seo Joon di Witch Love dan sampe sekarang yang cukup mendalam itu OST DOTS, entah tiap ngedengerin lagu itu bisa ngerasain drama itu seperti merasuk ke dalam tubuh, berasa merinding, keinget tatapan Kapten Yoo dan Dokter Kang atau Dae Young & Myung Joo.


3. Nonton Variety Show korea
Beberapa Tv di korea banyak ngeluarin Variety yang bersaing di tiap minggunya. Mulai dari Running Man, We Got Married, 2D1N, Infinite   Challenge, The Conseleor dsb. Sebenernya sih udah tahu tentang Running Man, tapi baru pertama kali nonton serius itu tahun 2014 pasti piala dunia inget banget, dapet dari sepupu dari episode 1 pas masih ada Song Joong Ki.
Anggota Running Man adalah artis pertama yang gue inget namanya, walaupun di awal pernah nulis sinopsis salah penulisaan.Tapi sekarang udah inget semua Jae Suk, Kwang Soo, Ji Suk Jin, Song Ji Hyo, Kim Jong Kook, Ha Ha, Gary dan hampir semua episode gue tonton.


2D1N & Infinite Challege, keduanya gue tonton klo emang bintang tamunya gue suka, 2D1N waktu Zo In Sung yang selama ini ga pernah mau ikut variety Show diajak sama Tae Hyun, Sama pas Park Bo Gum jadi bintang tamu. Infinite Challege sampai saat ini Cuma punya satu episode waktu Jae Suk ditantang buat nari bareng EXO.

We Got Married, Gue lupa gara-gara apa nonton Variety Show ini. Sampe akhirnya sekarang addicted bangat buat download. Mungkin karena lucu aja liat para artis korea yang diam-diam buat berkencan atau dekat sama siapapun sekarang, mereka dipertemukan untuk bisa menjalini virtual married. Ada yang canggung, malu-malu, sampe akhirnya ngerasa nyaman, tapi setelah acara ini berakhir kebanyakan lebih memilih untuk jadi berteman, bukan jadi pasangan yang sebenarnya. ^_^

Hello consellor ini kaya curhatan dari salah seorang tentang masalah apapun yang akan dibahas oleh para artis dan beberapa panelis. Gue pernah nntn beberapa waktu 2PM jadi bintang tamu dengan masalah klo si anak yang terlalu diatur jadwal oleh sang ayah, bahkan makan, tidur. Terus ada ibu mertua yang benci banget sama 2 PM karena istri anaknya itu fans addicted, sampe bela-belain nonton konser ke jepang, beli album banyak untuk dibagi-bagiin, Yang terakhir juga ada seorang muslim berkerudung yang kena diskriminasi.
Oh Yah... Variety Show itu jadi bisa tahu nama artis yang jadi bintang tamu, dan gue mengaku kalau Woo Bin itu ganteng kalo lagi maen Running Man, Walaupun sampe sekarang belum jatuh cinta sama dia pas maen drama.


4. Tahu nama Girl Band & Boy Band korea
Selama beberapa tahun menulis gue ga tahu tuh nama Girl Band & Boy Band hihihi... Balik lagi gue bukan anak KPOP beda sama beberapa orang yang suka drama dari menyukai KPOP lebih dulu. Dulu gue tahu Siwon anggota boy band Suju, abis itu ga suka karena anti banget sama Boy band.
Kata orang klo benci ga boleh berlebihan nanti jadinya cinta, sepertinya itu yang terjadi. Sejak She Was Pretty, gue ngedownload semua video super junior, dari Cuma tahu nama Siwon doang, ga bisa bedain mana Dong Hae sama KyuHyun, Sampe sekarang bisa tahu nama anggota.
Satu lagi Boy Band, yang dulu dibenci saat ini dicinta. EXO... Dulu tahu dari nonton Roommate diawal tahun 2016 [padahal udah tayang dari tahun 2014], pas Chan Yeol lagi bikin video Overdose, coba download lagu ternyata enak, udah sampe situ aja. Setelah Scarlet Heart Goryeo, nyari yang mana nama Baek Hyun di Boyband akhirnya mendownload semua lagunya dan addicted, Apalagi ternyata si DO maen di It’s Okay That’s Love sebagai halusinasi.
Dari tahu cuma tahu Baek Hyung, D O, Chan Yeol, sekarang tahu Su Ho, Lay, Se Hun, Kai, Xiumin, Chen dan yang udah keluar Luhan, Chris, Tao. Hihihihi.. Beberapa boy band juga tahu dari nntn Variety Show, kaya Got7, Madtown, Apink, SNSD, TVXQ, Shinee, Winner, dkk.


Ini Bukan kaya di Indo yah, isinya Cuma gossip, kasus, pertengkaran dsb. Tapi lebih banyak ke berita artis mana yang akan maen drama baru, boy band or Girl band yang akan comeback, artis yang akhirnya ngasih tahu wajah anaknya ke media, atau adegan yang akan tayang di episode selanjutnya.
Media hiburan di Korea beda sama di indonesia, klo di negera tercinta ini lebih banyak kasus dibandingnya sesuatu yang membanggakan. Di korea artis bener-bener tertutup namanya hubungan cinta, jadi mereka lebih banyak diam-diam, klo kencan pun ga akan terang-terangan. Beberapa artis indo banyak yang memperlihatkan rumah, anak dan istri atau suami, sementara artis korea sangat tertutup banget. Ada kalanya emang dibuka saat disuatu acara tertentu, kalo suaminya artis belum tentu istrinya ikut diwawancara juga.
Pernah liatkan Variety Show, "The Superman Come Back" SBapaknya Dae Han, Min Guk, Man Se, jarang ngeliatin wajah istrinya karena ternyata sang istri bukan seorang artis tapi jaksa. Suk Jin pun baru ngepublish istri dan anaknya ketika dewasa. Pernikahan artis korea pun ga diliput media, bahkan hanya memberikan foto prewed.
================================================================
Yaahh... itu 5 tahap lo akan jadi Korean addicted seperti yang udah gue rasain selama ini. Dari gue Cuma tahu 3 artis nama korea aja sampe akhirnya bedain dari wajah-wajah tiap artis. Selain itu dari yang ga suka sama boyband jadi nunggu tiap ada lagu baru, or ada di variety show.

Dari yang tahu cuma suka drama jadi suka juga sama variety show. Dari yang agak ngerti bahasa korea, jadi bisa sedikit tahu akhirnya klo ada translate yang ga benar yah dibenerin. Pokoknya sekarang seperti sudah mendarah daging itu yang namanya Korea, walaupun gue ga kaya yang lain sampe nonton konser, tapi untuk saat ini gue akhirnya memutuskan akan nonton Konser EXO kalo datang ke indonesia lagi..... hahahaha.... 
-dyah deedee- 

FACEBOOK : Dyah Deedee  TWITTER @dyahdeedee09 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar